Pelaku Usaha Harus Memiliki Sertifikasi Ekspor

Secara khusus, Gubernur juga mengharapkan program Agro Gemilang yang digagas Barantan, Kementerian Pertanian khususnya melalui Karantina Pertanian Kupang dapat terus digalakkan. NTT merupakan daerah yang memiliki banyak komoditas pertanian unggul dengan potensi ekspor yang tinggi. In Line Inspection dilakukan untuk memastikan pelaksanaan sertifikasi karantina telah memenuhi persyaratan fitosanitari negara tujuan dan menjamin apabila ditemukan ketidaksesuaian dapat ditelusuri. Selain itu, In line Inspection juga dapat mempercepat sertifikasi karantina, karena pemeriksaan fisik dapat dilakukan secara berkala sehingga tidak dilakukan pada setiap kali pengiriman.

GeTI adalah Lembaga Pendidikan berbasis inkubasi yang bertujuan untuk mencetak anak negeri berkompetensi kerja dan entrepreneur berstandar internasional. BPJPH saat ini melalui Halal Industry Development Plan sangat menekankan faktor sourcing atau hulu dari bahan baku halal sebagai pangkal rantai nilai produksi. Dan dengan sertifikat bertaraf nasional yang dikeluarkan langsung oleh Pusat Pelatihan Ekspor dan Impor Indonesia tersebut, lulusan diharapkan dapat bekerja di perusahaan atau menciptakan peluang usaha sendiri. Ekspor raya hasil perikanan ini diikuti oleh 147 perusahaan perikanan binaan BKIPM yang berada di wilayah Medan, Jakarta, Cirebon, Semarang, Surabaya, dan Makassar. Sertifikasi verifikasi legalitas kayu merupakan instrumen dalam penilaian legalitas kayu. Tahun 2011, ekspor mulai membaik, yakni bubur kertas senilai 1,9 miliar dollar AS, kertas senilai 4,3 miliar greenback AS, dan mebel kayu 1,16 miliar dollar AS.

Asam jawa, kunyit, jengkol dan mengkudu asal sub sektor hortikultura, hewan hidup dan madu asal sub sektor peternakan dan porang, sorgum dan kacang hijau asal sub sektor tanaman pangan. Untuk bahan baku industri yang diekspor tanpa ijin edar, maka dokumen permohonan SKE dilengkapi dengan bukti distribusi poduk berupa surat pesanan/surat pembelian di Indonesia. Di masa mendatang, menurut dia, juga perlu diatur mengenai sertifikasi ekspor dan impor tersebut. “Jangan kalau kita ekspor dipersulit, impor dipermudah, ini harus kita atur juga,” ujarnya. Teten mencontohkan, untuk ekspor satu jenis pisang saja dibutuhkan 21 sertifikat untuk masuk ke pasar Eropa dan Amerika.

Kuijper menyatakan, lewat acara yang digelar pihaknya ingin meningkatkan kesadaran di antara pembeli kayu internasional yang semakin banyak mencari produk bebas deforestasi yang diproduksi secara lestari. Ini karena Indonesia telah menerapkan sistem biosekuriti berbasis kompartemen bebas penyakit flu burung. Penerapan sistem ini sekaligus memenuhi standar dan aturan internasional untuk bisa tembus ke pasar Internasional. Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan I Ketut Diarmita mengatakan, salah satu yang sangat berpengaruh dalam ekspor produk hewan adakah status kesehatan peternakan. Jakarta, InfoPublik – Sertifikasi halal dinilai menjadi salah satu kunci untuk membuka peluang ekspor berbagai produk yang dihasilkan usaha kecil dan menengah .

Akibatnya, persyaratan sertifikasi muncul sebagai bentuk hambatan teknis perdagangan, terutama jika menjadi syarat wajib keberterimaan produk Indonesia di negara tujuan ekspor,” kata Natan lewat keterangannya di Jakarta, Jumat. Dia menegaskan sertifikasi produk halal juga menjadi nilai tambah dalam meningkatkan daya saing produk ekspor di negara tujuan ekspor. Olvy menambahkan sertifikasi produk halal menjadi nilai tambah dalam meningkatkan daya saing produk ekspor di negara tujuan ekspor. Peluang Indonesia untuk meningkatkan ekspor produk halal buatan usaha mikro dan kecil terbuka luas. Namun, pelaku usaha kerap terkendala sertifikasi produk yang disyaratkan negara tujuan ekspor. Peningkatan persyaratan sertifikasi sebaiknya tidak menjadi hambatan melainkan peluang bagi ekspor Indonesia.

Sertifikasi Ekspor

Adapun skema peningkatan telah ditetapkan, tahun 2020 sebesar 12 persen dan alhamdulilah dapat terlampaui. Selain itu, lanjut Natan, berbagai kerja sama perdagangan internasional baik, persetujuan bilateral, multilateral, dan regional dapat membuka akses pasar yang lebih luas di berbagai jenis komoditas. Kabupaten Sidoarjo – Sistem Verifikasi dan Legalitas Kayu merupakan sitem pelacakan yang disusun secara multistakeholder untuk memastikan legalitas sumber kayu yang beredar dan diperdagangkan di Indonesia. Dengan adanya bukti Sertifikat Legalitas Kayu , industri berbahan kayu memiliki jaminan kuat atas legalitas sumber bahan baku kayunya. Hal ini tentu membantu para pelaku usaha untuk memperlancar usahanya, khususnya saat melakukan ekspor ke mancanegara.

Dan yang terpenting juga adalah hilirisasi produk pertanian, manfaatkan fasilitas KUR Pertanian agar dapat mendorong pemulihan ekonomi. Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki mengatakan ekspor komoditas dari Indonesia terganjal berbagai sertifikat. Teten mencontohkan untuk ekspor pisang ke Eropa dan Amerika, eksportir harus memiliki 21 sertifikat. Sebelum melakukan pengiriman media pembawa ke negara tujuan, eksportir agar melakukan komunikasi dengan importir dari negara tujuan terkait persyaratan yang harus dipenuhi terhadap pemasukan media pembawa ke negara tersebut.

“Kemenperin terus berupaya membentuk KIH dan Halal Hub di daerah dalam rangka membentuk ekosistem industri halal yang kuat dan merata di seluruh Indonesia,” ujar Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan pers, Jakarta, Kamis (30/9). Di dalam negeri terdapat dua industri manufaktur halal yang berkinerja gemilang pada 2020, meliputi bahan makanan halal dan busana muslim. Dengan persaingan industri halal yang semakin pesat, diperlukan upaya-upaya untuk menarik investor untuk mengembangkan industri halal di Tanah Air. DIa menyampaikan hal itu usai mendampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam peninjauan Halal Indusrial Park Sidoarjo , Jawa Timur.

JAKARTA – Menteri Perdagangan melalui Direktur Pengamanan Perdagangan Kementerian Perdagangan Natan Kambuno mengatakan, persyaratan sertifikasi menjadi tantangan tersendiri dalam melakukan perdagangan ekspor ke sejumlah negara. “Jumlah pelaku ekspor impor yang bersertifikasi ini sangat minim,” ujar Adik dikutip dari laman resmi Kadin. Salah satu kegiatan yang dibutuhkan adalah Program Sertifikasi Kompetensi Bidang Ekspor-Impor, yang dapat menjadi media bagi masyarakat dan dunia usaha untuk mendapatkan pengakuan secara Nasional melalui Lembaga Sertifikasi Kompetensi atas kualitas kompetensi di bidang Ekspor-Impor. Dalam bidang ekspor – impor diperlukan tenaga-tenaga yang skilled yang dapat menangani dan menyelesaikan masalah yang mungkin timbul. Tenaga yang memiliki kompetensi dibidangnya sudah tentu akan lebih mampu menangani dan menyelesaikan masalah. Produk makanan yang mentah, atau tidak diberlakukan proses lebih lanjut, jelas tidak memerlukan standar sebanyak produk ultimate.

Kurikulum dirancang sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia , dibidang ekspor impor yang ditetapkan oleh Menteri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi No. Sertifikat oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi Ekspor Impor dan telah dikukuhkan oleh Dirjen Pendidikan Non Formal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional No.425/E/KK/2010, tanggal 10 November 2010. Kesimpulannya, standar wajib diperluas cakupannya oleh standar umum untuk lebih memenuhi kebutuhan pasar. Akan tetapi, standar wajib harus diprioritaskan terlebih dahulu daripada standar umum untuk dapat memasuki suatu pasar secara authorized. Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai standar umum, akan dibahas di artikel tersendiri kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *