Menjadi Eksportir Rempah

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Muljady D. Mario mengatakan, kegiatan ekspor Jagung ini juga merupakan sejarah Provinsi Gorontalo yang baru pertama kali melaksanakan ekspor dengan kapal berkapasitas terbesar. Dan ekspor jagung hari ini merupakan tahap ke empat ditengah pandemi covid 19 yang melanda seluruh dunia. Sepanjang tahun 2020 hingga kuartal ketiga 2021 Indonesia terus mencatatkan kinerja perdagangan internasional yang sangat baik.

Membuka jasa pengiriman internasional juga bisa dijadikan peluang bisnis dengan memanfaatkan aktivitas ekspor. Adanya jasa pengiriman akan sangat diuntungkan dengan banyaknya proses ekspor yang dilakukan. Perhatikan kualitas barang dan komoditas yang diekspor, dan monitor perkembangan peraturan yang berlaku setiap saat agar aktivitas ekspor Anda bisa berjalan secara legal. Penerima barang hasil ekspor dapat diperoleh dari konsulat dagang negara pembeli yang berkedudukan di dalam negeri. Seperti sudah kami singgung sebelumnya bahwa melakukan ekspor impor akan membuat jangkauan produk Anda menjadi lebih luas lagi. Dengan menjangkau lebih banyak negara, kemungkinan Anda untuk mendapatkan profit tentu lebih besar lagi.

Padahal sebenarnya besar sekali potensi UKM di Indonesia untuk ekspor dengan besarnya proporsi jumlah usaha UKM disertai dengan kayanya sumber daya di Indonesia. Produksi domestik belum mampu memenuhi kebutuhan atau permintaan bahan baku domestik. Ekspor jasa bisa menjadi senjata dan bukan sekadar alternatif saja untuk meningkatkan nilai perdagangan.

“Dalam jangka waktu panjang, izin ini benar-benar akan merugikan Indonesia, masyarakat nelayan, dan keberlangsungan sumber daya perikanan kita,” pungkas dia. Tentu saja para Negara yang melakukan ekspor ke Vietnam, seperti Indonesia, Thailand dan Negara lainnya merasa dirugikan. Bahkan Indonesia dapat merasa dirugikan dengan kebijakan dari pemerintah Vietnam. Sistem Verifikasi Legalitas Kayu atau SVLK berfungsi untuk memastikan produk kayu dan bahan bakunya diperoleh atau berasal dari sumber yang asal-usulnya dan pengelolaannya memenuhi aspek legalitas. Kayu disebut legal bila asal-usul kayu, izin penebangan, sistem dan prosedur penebangan, pengangkutan, pengolahan, dan perdagangan atau pemindahtanganannya dapat dibuktikan memenuhi semua persyaratan legal yang berlaku. SVLK memuat standar, kriteria, indikator, verifier, metode verifikasi, dan norma penilaian yang disepakati parapihak.

Selama penerapan kebijakan, pemerintah seharusnya mendorong produsen untuk meningkatkan efisiensi misalnya melalui skala ekonomi atau otomatisasi. Pasti istilah kuota yang paling sering kalian dengar kuota internet habis, ya? Dalam konteks impor, kuota yang dimaksud adalah jumlah whole suatu barang yang bisa diimpor dalam satu periode tertentu. Kuota impor ini sudah diprediksikan sebelumnya, sehingga seharusnya tidak mengganggu industri dalam negeri. Meskipun demikian, jika suatu negara sedang memberlakukan perdagangan bebas, maka kebijakan kuota tidak bisa dipakai lagi karena bisa menghambat proses perdagangan internasionalnya. Dumping adalah penetapan harga barang ekspor lebih murah dibandingkan harga barang tersebut di dalam negeri.

Apalagi Sulawesi Utara sudah mencatatkan capaian yang baik dalam hal ekspor. Pelatihan yang diselenggarakan pada September 2021 ini diawali dengan Talkshow Ekspor Nasional ‘Provinsi Sulawesi Utara sebagai Pintu Gerbang UKM Ekspor di Wilayah Bagian Indonesia Timur untuk Masuk Pasar Dunia’. Pelatihan diikuti 50 pelaku UKM yang sebagian besar bergerak di sektor industri makanan dan minuman, hasil perkebunan, dan hasil laut. Dirinya mengungkapkan bahwa selama ini terjadi missinformasi terkait ekspor produk Babel, seperti pencatatan knowledge ekspor. Sehingga para stakeholder yang hadir dalam pertemuan ini untuk membantu merumuskan agar permasalahan ini dapat diselesaikan. “LPEI terbuka dan siap mendukung individu, usaha kecil menengah, untuk menjadi pengusaha yang mampu menembus pasar ekspor. Karena menjadi entrepreneur lebih baik daripada menjadi pegawai,” kata Djoko.

Ekspor pada hal baru

Direktur Technical Nutricell, Dr Wira Wisnu menyampaikan potensi bahan baku Indonesia memiliki banyak keunggulan dan nilai tambah yang bisa di jadikan bahan pakan dengan tujuan eksport. JAKARTA – Nilai ekspor alas kaki nasional ditargetkan mencapai US$ 5,28 miliar atau setara Rp seventy six,22 triliun pada 2021, tumbuh 10% dibanding tahun lalu US$ 4,80 miliar. Pertumbuhan dua digit tersebut diyakini tercapai mengingat tren permintaan ekspor yang terus meningkat. Indonesia merupakan negara penghasil karet terbesar kedua di dunia, makanya tidak heran bahwa karet merupakan komoditas utama ekspor di Indonesia. Memenuhi kebutuhan bahan baku atau produk yang tidak dapat di produksi oleh negara.

Melalui pendekatan gentle approach perbaikan atas tata usaha dan administrasi perkayuan diperbaiki melalui sistem yang dapat dipantau oleh semua pihak dan memiliki kredibilitas dalam implementasinya. SVLK juga dikembangkan di tengah tren dunia dalam perdagangan kayu yang authorized. Pemerintah di beberapa negara importir memberlakukan peraturan untuk membuktikan legalitas produk kayu yang beredar, termasuk yang berasal dari impor, di masing-masing negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *