Korupsi, Kolusi & Nepotisme Di Indonesia

Hal pertama yang harus ada dalam diri dan benak sang calon pebisnis adalah sikap ikhlas. Ikhlas dalam konteks ini mengacu pada segala sesuatunya, mulai dari waktu, tenaga pikiran hingga materi atau modal. Mungkin sekilas, bagi anda ini sangat sepele bahkan lucu, namun dibalik sikap ini ada banyak sekali dampak positif yang dapat diperoleh. Lain halnya ketika anda memutuskan untuk memulai bisnis tanpa pernah memiliki rasa ikhlas dalam diri anda. Mungkin di kemudian hari, ketika bisnis anda sedan surut atau berada di ambang kegagalan, anda akan sangat bersedih, sebab anda belum ikhlas akan semua yang sudah atau akan anda korbankan demi bisnis tersebut.

Terlibat atau disebutkan dalam kasus korupsi benar-benar bisa merusak karir karena dukungan rakyat akan merosot drastis. Efek samping negatif dari pengawasan publik ini yaitu pejabat pemerintah saat ini sangat berhati-hati dan ragu-ragu untuk mengucurkan alokasi anggaran pemerintahan mereka, takut menjadi korban dalam skandal korupsi. Perilaku berhati-hati ini bisa disebut sebagai keberhasilan pengaruh KPK yang memantau aliran uang, tetapi juga menyebabkan belanja pemerintah yang lambat. Untuk menumbuhkan jiwa wirausaha, kamu tidak selalu harus belajar dari buku atau pengalamanmu sendiri. Seringkali pengalaman orang lain bisa menjadi pelajaran yang sangat berharga untuk menumbuhkan jiwa wirausaha.

mentalitas yang bisa di buat untuk usaha bisnis yang sukses

Maka, tidak ada salahnya untuk mencoba untuk mewujudkan harapan tersebut. Misalnya, kita bisa menentukan harga produk berdasarkan pada kualitas barang tersebut. Merupakan ide bagus untuk fokus pada tujuan akhir tetapi jika selalu berpikir tentang kesukesan sebagai sesuatu yang masih jauh untuk dicapai maka Anda akan merasa seperti tidak melakukan cukup banyak hal. Merencanakan bisnis dan menetapkan tujuan dalam bisnis memang sangat penting. Karena tidak ada strategi yang dapat menjamin untuk kesuksesan setiap bisnis. Semua itu dibutuhkan keberanian untuk gagal agar kita mampu bangkit dan melangkah ke tingkat selanjutnya.

Untuk memulai usaha baru, buatlah plan yang jelas, usahakan untuk fokus pada plan tersebut. Akan tetapi, jika Anda mampu melatih diri, lama kelamaan kebiasaan buruk Anda akan hilang dan berganti menjadi orang yang penuh disiplin. Mudah, tidak sulit, semua itu bisa dilatih dengan cara terus belajar dan praktek. Kemungkinan besar orang lebih suka mendengar yang enaknya saja, tidak mau melihat bagaimana proses pencapaian yang mereka alami. Mengubah keadaan yang selama ini biasa saja menjadi luar biasa.

Usaha yang tumbuh dari usaha kecil akan mendapatkan banyak terpaan dan godaan selama perjalanan usahanya sampai menjadi besar dan berkembang. Jadi, mulailah dari usaha kecil terlebih dahulu, dan buatlah menjadi bisnis besar. Kata kuncinya ialah peluang courting hanya sekali dan sangat cepat. Dibutuhkan kecepatan pemikiran dan keahlian untuk menangkap peluang tersebut. Untuk itu, siapkan energi dan keahlian untuk menghadapi peluang yang datang. Bila tidak, bisa jadi peluang tersebut akan ditangkap oleh orang lain.

Indrawan melihat fenomena perusahaan yang banyak tumbang karena mentalitas para pekerja yang tidak memiliki daya juang tinggi untuk dapat keluar dari jeratan krisis ekonomi. Harus kita dobrak supaya keberanian di dalam berbisnis muncul. Jika tidak didobrak, semakin tambah usia kita, semakin kuat mitos-mitos tadi mempengaruhi pikiran bawah sadar kita dan akibatnya akan menutup seluruh potensi, bakat dan kemampuan yang kita miliki.

Mayoritas pengguna komputer di seluruh dunia mengandalkan Windows. Akibatnya, iPod gagal secara penjualan pada awal kemunculannya. Pengalaman penerapan kiat-kiat untuk memberantas korupsi, bersikap adil, dan transparan dalam penyelenggaraan praktik pemerintahan yang baik, telah mengajarkan pada kita bahwa perubahan mentalitas ini sungguh sangat lambat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *