Di Tengah Pandemi Covid

Hal ini telihat dari tumbuhnya ekspor di beberapa negara selama periode Januari-12 Maret 2020 dibanding periode yang sama pada 2019. “Sertifikasi mandiri juga mencerminkan reformasi birokrasi melalui sistem e-SKA. Penyederhanaan ini diharapkan dapat mendukung tercapainya peningkatan kinerja ekspor Indonesia di tengah tantangan international,” terang Wisnu. Kepala BKIPM, Rina mengatakan, sertifikasi produk perikanan yang potensial untuk ekspor sangat penting. Sertifikasi tersebut sebagai jaminan bahwa produk yang diekspor sehat dan aman dikonsumsi manusia. “Melihat hasil ini, kita semua senang dan bangga bahwa ekonomi kelautan dan perikanan tetap tumbuh di masa pandemi,” sambungnya.

RADARBANGSA.COM – Direktur Pengamanan Perdagangan, Kementerian Perdagangan , Natan Kambuno mengajak pelaku mengubah tantangan persyaratan sertifikasi yang ditetapkan oleh sejumlah negara tujuan ekspor menjadi peluang untuk meningatkan ekspor Indonesia. “Aspek quaranty and traceability dari setiap sertifikat elektronik yang diterbitan karantina lebih cepat, murah, sehingga produk kita dapat memiliki daya saing di pasar dunia. Dikatakan, dalam kurun waktu 4,5 tahun terakhir, sektor pertanian Indonesia mengalami perkembangan pesat. Hal itu dibuktikan dengan semakin meningkatnya jumlah ekspor komoditas pertanian dari tahun-tahun sebelumnya.

Untuk itu, Indonesia perlu mengembangkan standar, laboratorium uji, dan lembaga sertifikasi produk sehingga produk kita dapat selalu memenuhi standar pasar internasional,” ungkapnya. Meski demikian, Natan mengatakan, Indonesia harus tetap optimistis menghadapi tata kehidupan baru yang banyak mensyaratkan sertifikat dalam berbagai hal, termasuk perdagangan. Untuk itu, Indonesia perlu mengembangkan standar, laboratorium uji, dan lembaga sertifikasi produk sehingga dapat selalu memenuhi standar pasar internasional. Indonesia menjadi salah satu negara penerima fasilitas pengurangan ataupun penghapusan tarif preferensial secara unilateral melalui skema GSP dari Uni Eropa. Adapun komoditas atau produkproduk yang masuk dalam GSP Uni Eropa seperti kopi, karet alam, furnitur, alas kaki, mesin cetak, dan lain sebagainya. REX GSP dikeluarkan Uni Eropa sebagai bentuk fasilitasi para eksportir teregistrasi tujuan Uni Eropa untuk dapat melakukan DAB secara mandiri.

Selain itu, aplikasi i-MACE yang dimiliki Kementan merupakan teknologi yang tepat untuk menyampaikan kepada masyarakat terkait potensi pertanian yang tersebar di seluruh Indonesia termasuk di Jawa Tengah. Ali Jamil menjelaskan Edamame yang diekspor perdana ini diproduksi oleh petani di Wonosobo, Temanggung dan Magelang, dengan volume 40 ton dari total permintaan 480 ton, senilai Rp13,2 milyar. Sebelumnya, Edamame asal Provinsi Jawa Tengah ini telah diekspor ke negara Jepang, Lebanon, Amerika Serikat, India dan Singapore. “Yaitu, penyederhanaan peraturan dan birokrasi untuk mendukung dan mendorong perdagangan dan investasi Indonesia,” ujarnya. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berharap, produktivitas kapal lokal terus meningkat, pembangunan berbasis perikanan kian merata ke seluruh wilayah, dan seluruh indikator kesejahteraan nelayan tradisional terus menunjukan perbaikan.

Sertifikasi Ekspor

Presiden pun berpesan kepada pemuda tersebut untuk terus mempelajari tentang potensi komoditas ekspor yang ada di daerahnya untuk dikembangkan, termasuk juga dengan kapasitasnya. Asror pun menjelaskannya dan mengungkapkan keinginannya untuk membantu mengembangkan potensi komoditas tersebut. Kasbul Asror, seorang pemuda di Kabupaten Bengkalis, menyampaikan permintaannya untuk mendapatkan bantuan beasiswa kursus di salah satu komunitas para eksportir. “Sertifikasi ini dapat membantu petani meningkatkan standar kehidupan mereka dari aspek produktivitas,” ujar Rosediana. Saya sudah minta tambahan kuota sejak 3 tahun lalu, sampai sekarang juga belum ada hasil,” kata Lusiyanto Handoko Perwakilan Eksportir Sarang Burung Walet asal Jawa Timur, belum lama ini.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, tren ekspor SBW memang meningkat signifikan dalam lima tahun terakhir. Apalagi, saat ini SBW yang diperdagangkan dan diekspor merupakan komoditas binaan dari Ditjen PKH Kementan. Jenis ikan yang tidak boleh untuk dilalulintaskan meliputi jenis-jenis ikan yang telah diatur pelarangannya berdasarkan jenis dan ukurannya sesuai ketentuan. Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengatakan kepemilikan sertifikasi sangat penting bagi lulusan sekolah menengah atas maupun perguruan tinggi untuk memudahkan pencarian pasar kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *