10 Jenis Strategi Pemasaran Yang Efektif Untuk Bisnis Anda

Rekaman audio percakapan atau yang dikenal dengan podcast, adalah salah satu bentuk konten yang bisa dimanfaatkan untuk tujuan pemasaran. Percakapan dengan topik menarik yang dibawakan secara santai dan ringan dapat membantu audiens mengenali brand-mu. Membuat konten video adalah cara yang cerdas dalam melakukan pemasaran di era digital. Pasalnya, video memang efektif untuk menunjang aktivitas konten advertising. Di period digital, web menjadi sumber informasi bagi banyak orang. Namun, infomasi akurat dari data, penelitian atau tulisan yang panjang membuat orang kesulitan untuk membacanya.

berbagai macam strategi bisnis

Keuntungan selanjutnya tentunya berkaitan dengan waktu dan tenaga yang dikeluarkan. Mengingat tugasnya yang berfokus pada kegiatan pemasaran saja, menjadi reseller berarti kita cukup memikirkan tentang komunikasi kepada pelanggan saja. Kita tidak perlu memikirkan tentang kegiatan produksi seperti pengemasan hingga desain produk. Tidak harus oleh orang-orang dengan pengetahuan ekonomi atau bisnis yang tinggi. Asal kita punya modal untuk membeli produk dari supplier kita sudah bisa menjadi reseller. Penetapan harga, yaitu menentukan harga yang dapat mencerminkan nilai kuantitatif dari produk kepada pelanggan.

Produk ini dapat digunakan untuk keperluan kamu sendiri atau dijual kembali untuk mendapatkan laba. Selanjutnya, perusahaan biasanya mulai mengurangi biaya, termasuk promosi, selama tahap penurunan. Perusahaan berusaha memaksimalkan penjualan dari produk dan meminimalkan biaya sebelum produk menghilang dari pasar. Jika perusahaan menargetkan pelanggan yang lebih spesifik, penjualan langsung saja sudah cukup.

Jika ada kompetitor yang menawarkan harga lebih rendah, mereka akan melompat pergi dari Anda. Anda juga bisa menggunakan strategi SMART yang sering dimanfaatkan untuk berbagai bisnis on-line. SMART singkatan dari Specific, Measurable, Achievable, Realistic and Timely. Strategi ini menekankan pada tercapainya tujuan spesifik yang memberikan dampak secara nyata.

Segmen yang dipilih mungkin tidak saling berhubungan atau membentuk sinergi, tetapi setiap segmen yang dipilih menjanjikan pendapatan. Strategi ini lebih dipilih oleh perusahaan untuk menghindari kerugian, misalnya salah satu segmen tidak produktif, perusahaan tetap memperoleh pendapatan dari segmen yang lain. Membuat penghitungan risiko yang tepat membuat Anda dapat meminimalkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Ini menjadi salah satu tahap yang sangat penting mengingat target pasar dapat menentukan langkah teknis selanjutnya. Ingat, setiap target pasar memiliki kebutuhan yang berbeda sehingga dibutuhkan pendekatan yang berbeda-beda pula. Selama berjalannya bisnis, tentu Anda tidak akan berjalan di tempat dengan hanya menyediakan beberapa produk saja. Kedepannya pasti akan ada inovasi produk-produk baru, baik untuk memenuhi kebutuhan pasar maupun memanfaatkan peluang baru. Di sinilah promosi menjalankan perannya untuk memperkenalkan produk baru Anda kepada para konsumen. Kalau perlu, kalian bisa membuat weblog gratisan untuk promosi produk makanan kalian.

Selain itu Anda juga dapat menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama. Untuk meninjau kembali mulai dari kekuatan, kelemahan, peluang, sampai ancaman bisnis yang ada. Untuk memperbaharui strategi yang dirumuskan supaya sesuai dengan perkambangan lingkungan eksternal.

Rasionalisasi biaya terjadi ketika suatu organisasi melakukan restrukturisasi melalui penghematan biaya dan aset untuk meningkatkan kembali penjualan dan laba yang sedang menurun. Rasionalisasi biaya dirancang untuk memperkuat kompetensi pembeda dasar organisasi. Ada tiga macam strategi yang dapat digunakan pada strategi tingkat bisnis ini, yaitu “Strategi Keunggulan Biaya, Strategi Diferensiasi dan Strategi Fokus”. Strategi fokus itu sendiri terdiri dari fokus biaya dan fokus diferensiasi.

Sebelum melakukan strategi promosi di atas, tentunya para pengusaha harus paham produk yang dipromosikan ini akan menyasar ke kalangan mana. Contohnya jika kalangan muda menjadi sasaran produk, maka pemasaran by way of sosial media seperti Instagram bisa menjadi pilihan. Video untuk promosi juga bisa menggunakan berbagai metode, mulai dari durasi yang panjang, video promosi dengan animasi, dan lain-lain. Hal yang paling penting dari pemasaran dengan video promosi ini adalah bagaimana video yang dibuat dapat menarik perhatian orang. Harga mengacu pada strategi penetapan harga untuk produk dan layanan dan bagaimana pengaruhnya terhadap pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *